Breaking News

Pembekalan Mahasiswa KKN STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny, Siap Menyapa Masyarakat Saat Bulan Ramadhan 1444 H.


TGH. Drs. Muchlis Ibrahim M.Si, TGH. Drs. Taisir Ibrahim M.Hum, TGH. Abdullah Mustafa MH, H. Abdul Aziz Faradi M.Pd, Abdul Kahar MH, dan Kausar MH saat acara pembekalan dan pelepasan KKN STID Mustafa Ibrahim Al-Islahuddiny Kediri, Lombok Barat, Rabu (15/3/2023).
Mandalikaplus.com - Lombok Barat, Pembekalan KKN Pola Terintegrasi Mahasiswa STID Mustafa Ibrahim Al Ishlahuddiny Kediri merupakan moment penting dalam rangka memberikan pembekalan selama dua hari sejak 14 sampai dengan 15 Maret 2023 untuk membekali kompetensi mahasiswa sebelum turun lapangan dan KKN dilaksanakan di awal bulan Suci Ramdhan 1444 H sekitar 45 hari kerja, Rabu (15/3/2023).

Program ini dibekali terkait materi inti tentang mahasiswa mampu membangun pola kemitraan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat, pihak stakholder dan lembaga pendidikan, kesehatan terkait, tehnik membangun komunikasi massa yang efektif, strategi dan metode dakwah di masyarakat, kemampuan memecahkan suatu masalah, pola kerjasama tim yang efektif serta tehnik menyusun laporan KKN PDL secara sistematis dan obyektif, tutur Ketua P3M Bapak Kausar, MH.

Tehnik Penyusun Laporan KKN Mahasiswa disampaikan oleh H. Abdul Azis Faradi, M.Pd yang menekankan pada mahasiswa mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terkait target dan capaian yang diperoleh selama kegiatan berlangsung dalam jurnal kegiataan, jelasnya yang juga selaku pemateri, usai mengisi materi inti sore tadi.

Lebih lanjut, TGH. Drs. Muchlis Ibrahim, M.Si yang sekaligus membuka acara pembekalan KKN Praktek Dakwah Lapangan dari Prodi KPI sekitar 59 Orang dan BPI sebanyak 34 Orang total 93 Orang di Tahun Akademik 2022/2023 yang ditempatkan di sepuluh Desa Binaan yang tersebar di wilayah Kec. Gunung Sari, Kec. Narmada dan Kec. Labuapi yang menjadi basis Alumni Ponpes Al Ishlahuddiny Kediri, menjadi sasaran lokasi KKN PDL STID MI Al Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat dengan penuh semangat dan antusias selama pembekakan berlangsung, pesan beliau tadi sore.


Beliau juga menegaskan tetap menjaga nama baik Almamater Ponpes Al Ishlahuddiny di lokasi KKN PDL agar membimbing masyarakat dan para remaja masjid serta para santri yang ingin belajar agama, dan juga para mahasiswa mampu menjadi contoh memberikan Tausyiah, Kajian Keutamaan Bulan Suci Ramdhan, serta terkait materi Fiqih, Ibadah Sholat dan dengan Akhlakul Karimah di tengah masyarakat, tegas TGH. Drs. Muchlis Ibrahim, M.Si.

Kegiatan pembekalan juga diisi oleh TGH. Drs. Taisir Ibrahim, M.Hum., yang juga menekankan tentang pentingnya mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan agama yang sudah diperoleh di bangku Tahassus dan kolaborasi dengan di STID terkait nilai-nilai akhlak mulia agar bisa menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat dan para mahasiswa mampu menjadi garda terdepan dalam membantu memfasilitasi dan memotivasi agar masyarakat meningkatkan SDM yang berkualitas, pesannya.

Hal senada juga disampaikan yang sama diharapkan kepada para mahasiswa agar menjaga nama baik diri, keluarga, almamater serta mahasiwa harus mampu memfasilitasi kegiataan sosial, dakwah dan pendidikan seperti TPQ, Majlis Taklim, Kelompok Belajar, Jamaah Ratiban serta kegiataan keagamaan lainnya, ucap TGH. Abdullah Mustafa, MH, di penghujung acara yang langsung ditutup oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik Abdul Kahar, MH dengan "Hamdallah" Alhamdulilah semoga acara KKN PDL berlangsung tertib lancar dan setiap kelompok Posko diberikan dana stimulan oleh kampus untuk operasional awal para mahasiswa di lokasi, tutup Abdul Kahar, MH., sore tadi di Kampus Merdeka.(MP-1).

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close