Breaking News

Bale Bahasa, Salah Satu Terobosan Kades Murbaya Untuk Tingkatkan SDM.

Anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam kegiatan Bale Bahasa Desa Murbaya.
Mandalikaplus.com - Lombok Tengah, salah satu upaya untuk memajukan suatu daerah adalah dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki. Hal ini yang mendorong Kepala Desa Murbaya, Herman Wijaya untuk melakukan ikhtiar membangun sumber daya manusia yang unggul di desanya, Kamis (20/4/2023).

Salah satu terobosan Kades muda ini adalah dengan membentuk Bale Bahasa Desa Murbaya yang memfasilitasi anak-anak usia sekolah dasar dan menengah pertama dalam pembelajaran bahasa asing (Bahasa Inggris). Lebih kerennya lagi, Kades Murbaya mendatangkan volunteer (relawan) dari Luar Negeri untuk mengajarkan para peserta Bale Bahasa sekali dalam sepekan.

"Memajukan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu ikhtiar jangka panjang dalam memajukan desa kami. Fokus kami bukan hanya pembangunan di bidang infrastruktur, namun memajukan Sumber Daya Manusia adalah fondasi utama dalam mewujudkan desa yang maju dan mandiri," tuturnya. 

Ia menambahkan, memahami Bahasa Asing merupakan salah satu keterampilan yang sangat diperlukan untuk kebutuhan sekolah maupun pekerjaan di masa yang akan datang. Dengan memahami Bahasa Asing, akan memudahkan para pelajar dalam meraih beasiswa di dalam maupun di Luar Negeri.

Kedepannya, Kades Murbaya berharap para siswa tetap semangat dalam mempelajari ilmu-ilmu yang diajarkan oleh para tutor di Bale Bahasa Desa Murbaya.

Nampak para volunteer saat mengajari anak-anak di Bale Bahasa Desa Murbaya.
"Semoga para peserta tetap semangat dalam belajar untuk mempermudah mereka meraih cita-cita di masa yang akan datang. Majunya Bale Bahasa juga tidak terlepas dari perjuangan para tutor yang selalu semangat dalam mendidik dan membimbing peserta," ujarnya. 

Di lain kesempatan, Ketua Bale Bahasa Desa Murbaya, Pika Yusrina sangat mengapresiasi perjuangan kepala Desa Murbaya yang sudah membentuk Bale Bahasa."Program Bale Bahasa ini sudah berlangsung kurang kebih 1 tahun," imbuhnya. 

"Kami sepenuhnya didukung oleh Pemerintah Desa Murbaya dengan berbagai fasilitas dan kebutuhan terkait pembelajaran di Bale Bahasa, salah satunya dengan mendatangkan volunteer dari berbagai Negara. Kami selaku tutor sangat terbantu dengan kehadiran volunteer-volunteer tersebut, para peserta juga sangat termotivasi dan mereka tidak malu dan tidak takut untuk berkomunikasi dengan para volunteer," jelasnya.

Lebih lanjut, Pika menambahkan "Keberadaan Bale Bahasa Desa Murbaya sangat membantu generasi muda khususnya dalam menyiapkan SDM untuk menghadapi era globalisasi, dimana semua aspek bidang pendidikan membutuhkan kemampuan bahasa asing sebagai salah persyaratan. Kami berharap program ini terus berlanjut mengingat pembentukan SDM tidak bisa hanya dalam periode 1 atau 2 tahun tapi harus terus berkelanjutan," tutupnya.(MP-2).

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close