Breaking News

Peringati HARDIKNAS, Gerakkan Semangat Merdeka Belajar.

Suasana peringatan Hardiknas 2023 dilingkungan MAN Lombok Barat berjalan khidmat, Selasa (2/5/2023).
Mandalikaplus.com - Lombok Barat, Tanggal 2 Mei merupakan moment yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, perayaan hari pendidikan Nasional merupakan salah satu untuk memperingati hari lahirnya Bapak Pendidikan Nasional yaitu Ki Hadjar Dewantara sekaligus untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme dikalangan seluruh insan pendidikan, agar seluruh insan pendidikan mengingat filosofi pentingnya perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menopang pondasi pendidikan di Indonesia, Selasa (2/5/2023).

Salah satu kalimat beliau yang sangat bijak sekaligus sarat degan motivasi yang tinggi yaitu “Anak anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.“ Merdeka Belajar sangatlah tepat untuk kondisi pendidikan kita saat ini , karena tiap tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri.

Bertempat di MAN Lobar seluruh civitas MAN Lobar memperingati Hardiknas 2023 dengan penuh khidmat dengan balutan busana tradisioanal dengan tiga cerminan kolaborasi adat, sasak, muslim dan muslimah, dengan harapan tetap menjunjung tinggi budaya lokal Nusantara dan tidak menghilangkan nilai-nilai keislaman.

Perayaan Hardiknas tahun ini mengusung tema “Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar” yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Waka Kurikulum dengan membacakan pidato Mas Menteri Nadim Anwar Makarim.

Dalam teks pidatonya, Mas Menteri berharap dengan tema hari pendidikan Nasional ini, seluruh bagian pendidikan bekerjasama memulihkan pembelajaran untuk mencapai merdeka belajar, dan ini merupakan langkah reformasi pendidikan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang tinggi dengan Profil Pelajar Pancasila.

Semoga dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini sebagai momentum terbaik untuk serentak bergerak mewujudkan Merdeka Belajar dalam mempersiapkan Putra Putri Indonesia menuju Generasi Emas 2045.(MP-1).

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close